Nilai – Nilai  dibalik Tri Satya

 

Tri Satya, apakah Tri Satya itu?

Jika mendengar kata Tri satya tentu hal itu bukanlah hal yang asing di telinga kita. Tri satya adalah 3 janji yang diikrarkan  oleh seorang pramuka. Yang isinya adalah sebagai berikut:

Tri Satya

 

1.     Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh – sungguh    menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang  Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila.

2.     Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat .

3.     Menepati dasadarma  

            Nilai yang terkandung dalam Tri Satya  bukalah nilai yang datang dengan sendirinya dan ada begitu saja, tetapi  melalu pemikiran demi pemikiran  untuk membawa pramuka Indonesia semakin maju dan berkembang.

            Tri Satya bukan sekedar janji yang diucapkan dibibiir saja tetapi butuh tindakan yang nyata dari insan – insan pramuka. Tri Satya adalah janji yang menjunjung kehormatan untuk menjalankan kewajiban kita sebagai makhluk ciptaaan tuhan  yang taat dan beriman. Selain itu, tanah air Indonesia harus  selalu diperjuangkan untuk kehidupan yang lebih baik. Nilai pancasila tidakkan lepas dari dari jiwa – jiwa bangsa Indonesia, karena nilai pancasila merupakan ideologi Negara yang  dijiwai oleh kepribadian bangsa  atas dasar persamaan  karakter, sejarah dan persamaan kepentingan.

            Sudah seharusnya sebagai bangsa yang mencintai negaranya kita  mengamalkan pancasila dalam kehidupan kita. Nilai kemanusiaan yang ada dalam Tri Satya adalah nilai kepedulian terhadap sesama manusia. Sebagai manusia sosial kita tidak akan menutup mata atas apa yang dialami oleh saudara – saudara kita yang masih terpuruk dan membutuhkan pertolongan dan uluran tangan kita. Saudara – saudara kita yang terkena bencana, yang telantar dijalan – jalan, yang kesusahan dan menderita.  Nilai kemanusiaan ini tidak hanya untuk orang yang kita kenal saja, tetapi untuk semua orang, tidak membeda – bedakan antara kaya dan miskin, tampan atau buruk, laki – laki atau perempuan. Bahkan hanya teman dan keluarga saja yang ditolong. Sifat itu  bukanlah  sifat yang diharapkan.

            Manusia yang peduli terhadap sesama tanpa membeda – bedakan status, jabatan dan pangkat seseorang itulah yang diharapkan. Nilai Tri Satya yang luhur tidak lepas dari dasadarma  yang didalamnya mengandung 10 pokok nilai kehidupan yaitu:

1.      Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.      Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3.      Patriot yang sopan dan kesatria

4.      Patuh dan suka bermusyawarah

5.      Rela menolong dan tabah

6.      Rajin terampil dan gembira

7.      Disiplin berani dan setia

8.      Hemat cermat dan bersahaja

9.      Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

10.  Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

 Itulah 10 dasadarma yang menambah kuat janji luhur yang diikrarkan seorang pramuka. Jiwa – jiwa muda penerus bangsa yang akan membawa masa depan Indonesia menuju kemajuan dan kesejahteraan sosial. Generasi yang penuh semangat tanpa meninggalkan jati diri bangsa Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: