Hello, we’re back again…

Jika sebelumnya diblog ini, anda menemukan hal-hal yang berupa ilmu pengetahuan yang bisa digunakan dan dimanfaatkan, maka, sekali-kali bolehlah kami refreshing dengan membuat artikel yang berupa cerita pengalaman (dan sedikit curhat, tentunya) mengenai kegiatan-kegiatan yang ada di Ambalan RA Kartini dan Adi Negoro ( nama Ambalan putra di SMK Negeri 11 Semarang) juga.

Oya, mengenai judul, ada yang protes, mengapa ada bagian 1 nya? Karena,kanyang namanya kegiatan tidak hanya 1, tapi banyakkan, makanya, ada bagian-bagiannya, karena tidak mungkin kami menulis satu artikel untuk semua kegiatan (bisa keriting tangan yang ngetik, hehehe) Untuk bagian 1 ini, kami akan membahas mengenai PTA.

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA)

Sewaktu kita lulus dari SMP dan masuk ke SMA / SMK, maka kita diwajibkan mengikuti beberapa kegiatan salah satunya ialah Pramuka. Ya, tapi pada awalnya, kita masuk ke suatu tempat yang baru, maka kita bisa dikatakan sebagai seorang tamu. Jika di Pramuka maka, kita bernama Tamu Ambalan. Intinya kita belum dianggap sebagia anggota dari sebuah amabalan. Makanya, kiat belum bisa mendapatkan bed ambalan.

Nah, jika di SMK Negeri 11Semarang, tahun-tahun sebelum ini, dibutuhkan proses yang panjang (sekali). Dan tentunya memakan waktu yang lama. Misalnya, sewaktu kami kelas 1, kami harus berangkat pramuka selama lebih dari 1 semester. Bayangkan! Tentu bagi kami yang suka pramuka itu fine-fine saja, tapi tidak bagi teman-teman kami yang lain.

Oke, back to the topics…

PTA bisa dikatakan sebagai ajang seorang tamu yang merupakan calon anggota ambalan, emm, singkatnya syarat yang harus ditempuh untuk diakui masuk menjadi anggota ambalan. Biasanya berbentuk perkemahan yang lamanya tergantung sekolah masing-masing.

Okey, sekarang kami akan bercerita mengenai PTA terakhir di Ambalan kami. Ambalan kami melaksanakan Perkemahan Tamu  Ambalan ( PTA ) Gudep 06.081 06.082 Ambalan Adi Negoro R.A Kartini dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia anggota gerakan pramuka dengan praktek lapangan yaitu perkemahan. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yakni tanggal 13 November 2010 s.d 25 November 2010 di Daerah Latihan Militer Bantir Sumowono.

PTA yang diikuti oleh siswa kelas X sebanyak 493 siswa ini berlangsung dengan tertib, lancar dan menggembirakan dengan serangkaian acara yang menarik dan mengasah kreativitas serta menambah ilmu pengetahuan seperti ceramah – ceramah dari pemateri yang sudah berkompeten dibidangnya antara lain Bapak Agustyo dari Babin Kamtipnas Polsek Banyumanik, Sujinarto, S.Pd M.Pd, Slamet, S.Pd, Musyarofah, S.Pd dan Selfia Rimba J.A, A.Md serta Ibu Sri Nurhidayati, S.pd dan berbagai macam permainan out door antara lain dinamika kelompok, kaki gajah, jelajah alam, dan lain – lainnya.

Singkatnya seperti itu. Tapi itu tak cukup untuk menggambarkan kegiatan yang sesungguhnya. Kronologisnya seperti ini, kami mengumpulkan para tamu ambalan pagi, lalu dilakukan cek barang, apel, doa dan pemberangkatan ke lokasi, memakai truk, sampai disana langsung pembagian barak bersih-bersih dan kegiatan deh.  Wah, sungguh mengasyikan…

“ Be The Real Scout “

“Ciptakan generasi muda yang beriman dan bertakwa disiplin tanggap tanggap dan bertanggung jawab.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: